Selasa, 11 Juli 2017

Selain Madu Probiotik Ini Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

Makanan yang sehat untuk Ibu Menyusui
Vitamin untuk otak bayi perlu diberikan sejak dini, sebab hingga usia dua tahun adalah masa keemasan perkembangan otak bayi yang begitu cepat. Oleh karena itu mengatur menu makanan yang baik untuk ibu menyusui sebagai vitamin untuk otak bayi adalah sangat vital, sebab tumbuh kembang otak sangat tergantung dari asupan nutrisi saat menyusui. Tentu asupan nutrisi yang sehat tidak hanya penting bagi otak bayi, namun bagi tubuh secara keseluruhan.

Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

Selain mengkonsumsi madu probiotik Kidomi secara rutin, berikut adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting selama menyusui bagi ibu dan si buah hati.

Sayur-sayuran

Ada banyak sayuran hijau yang dapat meningkatkan kualitas ASI seperti bayam, brokoli juga daun katuk. Sayuran hijau berperan dalam perkembangan kecerdasan bayi, mencegah anemia untuk ibu dan juga kelelahan yang berlebihan.

Kacang-kacangan

Membuat menu dari kacang - kacangan tidak hanya baik bagi ibu hamil tapi juga untuk ibu menyusui. Contohnya air rebusan kacang hijau mampu membuat ASI lebih banyak. Kacang mete, kaya akan kalsium yang sangat baik untuk menghindarkan ibu menyusui dari penyakit tulang. Kacang merah mengandung zat besi yang mencegah ibu menyusui dari penyakit anemia serta kandungan proteinnya untuk tumbuh kembang sel - sel bayi. Masih banyak jenis kacang - kacangan lain sebagai jenis makanan yang baik untuk ibu menyusui.

Buah-buahan

Pilihlah jenis buah yang baik untuk ibu hamil juga yang kaya vitamin untuk ibu maupun bayi. Seperti jeruk alami yang kaya vitamin C untuk kesehatan dan stamina ibu. Buah yang mengandung antioksidan tinggi seperti blueberry baik untuk mencegah dan menangkal banyak penyakit serta radikal bebas.
Ibu menyusui juga boleh mengkonsumsi buah alpukat, kadar lemak yang terkandung di dalamnya membantu bayi makin kenyang karena ASI kaya akan lemak, disamping baik juga untuk ibu.

Karbohidrat

Kebutuhan akan karbohidrat bagi ibu menyusui dan bayi juga dapat diperoleh dari nasi merah serta roti gandum. Kedua jenis makanan kaya akan serat dan karbohidrat sehingga baik untuk pencernaan, salah satunya bayi tidak mudah sembelit. Nasi merah (dari beras merah) menghindarkan ibu menyusui dari kegemukan. Ibu menyusui juga bisa mengkonsumsi ubi jalar yang mempunyai kadar karbohidrat mencukupi, juga mengandung beta koretan yang baik untuk mata bayi.

Berbagai Jenis ikan

Aneka jenis ikan juga dapat dipilih sebagai makanan yang baik untuk ibu menyusui, contohnya ikan salmon. Ibu menyusui yang gemar mengkonsumsi ikan, akan memberi dampak positif bagi perkembangan syaraf bayi. Ikan salmon diperkaya DHA dan ASI yang sudah mengandung DHA akan lebih tinggi kualitasnya. Ikan salmon baik untuk dikonsumsi setiap hari. Selain ikan salmon, ikan dengan kandungan DHA dan Omega 3 yang patut dikonsumsi adalah ikan tuna. Pertumbuhan dan perkembangan bayi akan bertambah baik dengan sedikit porsi ikan ini dalam asupan gizi ibu. Jenis ikan lain yang dapat menjaga perkembangan sel pada bayi adalah ikan lele. Namun perlu diperhatikan, hindarkanlah mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi karena akan sangat berbaya bagi kesehatan tubuh.

Makanan yang baik untuk ibu menyusui harus lebih diperhatikan, selain mengkonsumsi rutin madu probiotik Kidomi sebab yang harus dijaga tidak hanya kesehatan sang ibu saja, akan tetapi bayi ibu juga harus dijaga kesehatannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Selain Madu Probiotik Ini Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

0 komentar:

Posting Komentar